Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanaman Obat Keluarga yang Wajib ada di Rumah

Gambar diambil dari canva

Kesehatan adalah salah satu nikmat yang terkadang kurang dihiraukan jikalau kita masih mendapatkannya. Dengan kata lain, kesehatan baru terasa nikmatnya jikalau kita sedang ditimpa musibah berupa sakit. Oleh karena itu, sudah semestinya kita menjaga nikmat yang diberikan Allah swt dengan sebaik mungkin. 

Kesehatan itu dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi lebih aman apabila kita mengolahnya sendiri dan akan lebih hemat jikalau kita menanamnya di rumah kita sendiri. Hal tersebut membuat kita paham betul tentang apa yang kita konsumsi karena kita sendirilah yang menanam, merawat, serta memanen bahan makanan tersebut. 

Contoh kecil kenapa kita harus memiliki tanaman obat keluarga (toga) yaitu apabila jari kita tak sengaja teriris sewaktu kita sedang memotong bawang, ketika anak kita sedang latihan naik sepeda kemudian terjatuh sehingga kaki dan tangannya terluka, tersengat tawon, rambut sering rontok, gigi senut-senut, dan permasalahan lainnya. Permasalahan-permasalahan di atas baiknya dapat ditangani sendiri tanpa perlu bantuan tenaga medis. Terlebih lagi penggunaan tanaman obat menghindarkan adanya efek samping, tak seperti obat yang dijual di apotik-apotik yang tentu saja ada efek samping dari penggunaannya. 

Tanaman-tanaman obat keluarga yang wajib ada di rumah kamu, diantaranya:
    

    1. Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah bahan dasar pembuatan obat tradisional Indonesia atau yang lebih akrab dengan sebutan ‘jamu’. Selain itu, rempah-rempah juga banyak digunakan sebagai resep masakan nusantara karena menambah cita rasa.
- Kunyit
- Kencur
- Jahe
- Lengkuas
- Temulawak
- Serai

    2. Kelor

Kelor atau yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera ini adalah salah satu tanaman yang memiliki sejuta khasiat. Manfaat kelor dapat dirasakan dengan berbagai cara, seperti dimasak untuk dijadikan sayur (misalnya sup, sayur bening, dll), dijadikan teh (dikeringkan lalu diseduh air), dijadikan jus, dijadikan masker (ditumbuk lalu diaplikasikan ke wajah), dan dijadikan pil untuk vitamin (dikeringkan – ditumbuk – dimasukkan ke dalam kapsul). 

    3. Bidara

Bidara atau yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana adalah salah satu tanaman berkhasiat yang disebut dalam Al-Qur’an. Tanaman bidara termaktub dalam surat Al-Waqi’ah. 

“Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu (27). (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri (28), dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya) (29), dan naungan yang terbentang luas (30), dan air yang mengalir terus-menerus (31), dan buah-buahan yang banyak (32), yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang mengambilnya (33)”. (QS. Al-Waqi’ah: 27-33).

Daun bidara yang dapat digunakan untuk mengusir bangsa jin, juga bisa berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa contoh manfaat daun bidara adalah melancarkan menstruasi serta menyehatkan lambung, meredakan demam, serta mengatasi penyakit-penyakit akut, seperti diabetes, tumor, dan kanker (saintif.com). Selain itu, daun bidara juga bermanfaat untuk mengatasi masalah wajah dan rambut. 

    4. Sirih

Daun sirih adalah tanaman yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama khasiat yang dikandungnya. Tanaman menjalar ini memiliki kandungan polyphenol dan flavonoid yang dapat menjadi antioksidan, antiseptik, serta anti inflamasi. Khasiat daun sirih yang terkenal adalah menyegarkan mulut serta pembersih area kewanitaan. Selain itu, sirih memiliki sifat anti kanker, meredakan asma, mengatasi mimisan, mengurangi asam lambung, meredakan sembelit, mengobati jerawat, mengatasi masalah kulit, menurunkan kolesterol, mengatasi sakit gigi, dan lain sebagainya.  

Nah, itu tadi beberapa tanaman obat keluarga yang dapat sahabat domarai tanaman di sekitar rumah supaya mempermudah sahabat domarai semua ketika sedang ada musibah berupa sakit. Semoga bermanfaat!